Apa Itu SOP ? Pentingkah Memegang SOP dalam Sebuah Pekerjaan?

08.06 clash dragon 0 Comments


Apa itu SOP? SOP atau standar operasional prosedur merupakan sebuah dokumen yang didalamnya memuat pedoman tentang bagaimana sebuah pekerjaan harus dilakukan dengan seefektif dan seefisien mungkin. Iya pada dasarnya SOP memuat tentang tahap-tahap pekerjaan mulai dari tahap awali hingga tahap akhir. Setiap organisasi, perusahaan, maupun sebuah instansi tentunya memiliki SOP. Lalu sebenarnya pentingkah memegang SOP dalam sebuah pekerjaan?
Nah untuk melihat apakah sebenarnya SOP memiliki peran penting dalam sebuah pekerjaan, yuk kita bahas dulu tentang apa tujuan dibuatnya SOP dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan. Secara teori, SOP sendiri merupakan dokumen yang di dalamnya berisi tentang serangkaian instruksi tertulis yang memuat tentang berbagai proses pelaksanaan pekerjaan mulai dari cara melaksanaan pekerjaan, waktu pelaksanan, tempat penyelenggaraan, serta siapa yang menyelesaikan pekerjaan tersebut.
Dari situ kita dapat mengurasikan bahwa dibuatnya SOP memiliki beberapa tujuan. Yang pertama tentunya dibuatnya SOP bertujuan untuk menjelaskan rincian atau standar yang diterapkan dalam setiap pekerjaan. SOP dibuat tentunya untuk menciptakan arus kerja yang baik, sebagai panduan karyawan yang masih belum mengerti betul tentang pekerjaan tersebut, memudahkan pengawasan, dan tentunya juga untuk menciptakan koordinasi yang baik antara setiap elemen dalam sebuah pekerjaan.
Nah dibuatnya SOP tentunya tidak semata-mata sebagai formalitas belaka, melainkan diharapkan juga dapat benar-benar menjadi petunjuk bagi setiap karyawan dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan. Kemudian SOP tentunya juga diharapkan untuk benar-benar dapat menekan pelaksanaan pekerjaan agar lebih efektif dan efisien. Selain itu, dibuatnya SOP juga memiliki beberapa tujuan diantaranya sebagai berikut:
1.    SOP diharapkan dapat menjaga konsistensi kinerja atau kondisi tertentu serta menjadi petunjuk kemana arah petugas serta berbagai elemen dalam melaksanaan sebuah pekerjaan.
2.    SOP sebagai parameter guna menentukan nilai mutu pelayanan.
3.    SOP dibuat sebagai acuan dalam melaksanakansebuah kegiatan tertentu baik untk pekerja maupun supervisor.
4.    Adanya SOP juga diharapkan dapat menghindari kegagalan ataupun kesalahan, serta dapat meminimalisir adanya peborosan dalam pelaksanaan kegiatan.
5.    Adanya SOP diharapkan juga dapat menjamin penggunaan tenaga serta sumber daya yang lebih efektif dan lebih efisien.
6.    Untuk menjelaskan alur tugas, wewenang serta tanggung jawab yang harus dilakukan oleh petugas terkait.
7.    Selanjutnya adanya SOP menjadi sebuah dokumen yang dapat menjelaskan, menilai pelaksanaan pekerjaan apabila nantinya terjadi kesalahan dalam melakukan sebuah pekerjaan.
8.    Sebagai dokumen yang berfungsi untuk pelatihan.
9.    Sebagai history dokumen apabila telah dibuat revisinya yang baru
Dan setidaknya itu dia beberapa tujuan dibuat SOP. Selain tujuannya, terdapat pula berbagai fungsi dibuatnya SOP mulai dari sebagai penetapan tertulis mengenai apa dan bagaimana sebuah pekerjaan harus diakukan, kapan pekerjaan harus dilaksanakan, serta dimana dan siapa yang melaksanakan pekerjaan tersebut. Hal ini tentunya dilakukan untuk menghindari adanya variasi oleh pegawai dalam proses pelaksanaan pekerjaan. Sebab hal tersebut tentunya akan mengganggu adanya kinerja organisasi secara keseluruhan.
Apa itu SOP? SOP secara garis besar dapat dikatakan sebagai standarisasi langkah yang harus dilakukan pegawai dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan khusus, untuk mengurangi kesalahan dan kelalaian dari pekerja. Jadi kesimpulannya pentingkah pentingkah memegang SOP dalam sebuah pekerjaan, tentunya sangat penting. Sebab dengan memegang SOP, para pekerja menjadi lebih terarah dalam menyelesaikan setiap pekerjaannya. Kemudian dengan adanya SOP tentunya koordinasi antar setiap elemen pun menjadi lebih mudah karena setiap elemen dapat mengetahui dan melaksanaan tugas pekerjaan sesuai dengan tupoksinya masing-masing yang telah tertera dalam SOP.

You Might Also Like

0 komentar: