Mengapa Transparansi Begitu Penting dalam Sebuah Investasi?

15.47 Iwak Kalataw 0 Comments

foto:kompas.com

Saat akan melakukan investasi seorang calon investor hendaknya mencari tahu seluk beluk dari investasi yang akan dijalaninya. Mulai dari keuntungan yang akan didapat, proses investasi berjalan hingga transparansi dalam kegiatan investasi yang dilakukan. Transparansi menjadi kunci karena adanya transparansi dapat meyakinkan para calon investor untuk berinvestasi. Lalu, mengapa transparansi begitu penting? Berikut ini beberapa alasannya :
Risiko yang selalu hadir dalam investasi
Saat berinvestasi, Anda akan selalu menemukan risiko bersamaan dengan return yang dijanjikan. Karena, risiko dan return bagaikan dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan begitu saja. Anda akan tetap mengalami risiko se-aman apapun investasi yang Anda lakukan apalagi jika investasi tersebut tidak cukup transparan. Tanpa transparansi, maka kecurigaan besar akan muncuk sehingga membuat risiko pada investasi menjadi semakin besar. Jadi, pastikan Anda memilih investasi yang transparan dalam mengelola uang yang diinvestasikan agar terhindar dari risiko yang mungkin hadir.
Mencegah money game
Transparansi sangat penting dalam sebuah investasi karena, tanpa transparansi bukan tidak mungkin dana yang Anda keluarkan hanyalah untuk money game semata. Money game merupakan skema permainan uang dimana Anda dijanjikan memiliki keuntungan tinggi namun di sisi lain Anda tidak mengetahui dari mana keuntungan tersebut berasal. Money game merupakan skema penipuan yang harus dihindari karena Anda di akhir Anda hanya akan mendapatkan kerugian saja. Oleh karena itu, pilihlah investasi yang transparan seperti peer-to-peer lending yang transparan dalam setiap kegiatan bisnisnya.
Mencegah penyalahgunaan dana
Dana yang Anda keluarkan untuk investasi bisa saja disalahgunakan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Karena, banyak skema investasi bodong yang menjanjikan imbal hasil tinggi namun justru menyalahgunakan dana yang telah diserahkan oleh para investornya. Kondisi ini biasanya timbul karena tidak adanya transparansi mengenai skema investasi yang dijalankan sehingga para calon investor haruslah teliti dan kritis dalam mencari tahu investasi yang akan dijalankan. Sa
lah satu contoh skema investasi yang transparan adalah platform pinjaman peer-to-peer lending. Skema ini membantu Anda untuk menghubungkan investor dengan debitur yang membutuhkan dana. Sehingga Anda akan mengetahui kemana dana yang Anda investasikan dan darimana keuntungan yang akan didapat berasal tanpa adanya penyalagunaan dana.

You Might Also Like

0 komentar: