4 Langkah yang Bisa Dilakukan Saat Pengajuan Kartu Kredit Ditolak

02.24 Iwak Kalataw 0 Comments

foto:mag.co.id

Anda mungkin sudah sangat paham mengenai keuntungan hingga kerugian dari menggunakan kartu kredit. Tapi sayangnya, saat mengajukan pembuatan kartu kredit justru ditolak oleh bank. Pihak bank memang tak lantas menerima setiap permintaan dari nasabah untuk kartu kredit. Bukan hal yang baru bila pengajuan kartu kredit ditolak atau ditangguhkan oleh bank. Biasanya hal ini terjadi karena beberapa alasan.

Namun jangan menyerah dulu. Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan ketika pengajuan kartu kredit ditolak oleh bank. Di bawah ini merupakan 4 langkah yang bisa Anda tempuh pada saat pengajuan kartu kredit Anda tidak dipenuhi oleh bank.

1. Perhatikan kondisi keuangan

Tak bisa disangkal bahwa kondisi keuangan menjadi salah satu alasan dari bank untuk menolak pengajuan kartu kredit. Biasanya bila pengajuan Anda ditolak, berarti kondisi keuangan Anda dinilai tidak sehat atau dalam keadaan yang baik. Hal ini berdasarkan dari bberapa pertimbangan. Mulai dari jumlah pemasukan dan pengeluaran yang dinilai tidak seimbang, adanya catatan kredit macet di Bank Indonesia yang membuat nama Anda masuk black list. Hingga karena catatan hutang berjalan yang masih dinilai banyak.

Untuk itu, tinjau kembali pemasukan, pengeluaran, hingga hutang yang Anda miliki sebelum mengajukan kartu kredit. Keadaan paling baik untuk mengajukan kartu kredit ini ketika semua hutang dan juga cicilan sudah dinyatakan lunas.

2. Pengajuan di bank tempat menabung

Bila Anda memisahkan rekening untuk tabungan, pengeluaran, hingga pemasukan, maka ajukan kartu kredit di bank tempat Anda menabung. Jumlah tabungan yang ada di rekening akan menjadi pertimbangan lain dari bank untuk menerima pengajuan kartu kredit Anda. Bank juga akan lebih mudah menilai bagaimana kondisi keuangan Anda dari sisi positif, yakni jumlah tabungan yang Anda miliki.

Semakin sering dan besar jumlah tabungan Anda, makin besar juga kemungkinan permintaan kartu kredit akan dipenuhi.

3. Jangan mengajukan di beberapa bank bersamaan

Tak ada salahnya memang memiliki beberapa kartu kredit. Namun sebaiknya jangan mengajukan di satu waktu. Hal ini bisa mengurangi skor kredit Anda di bank. Lebih baik ajukan dulu kartu kredit di bank tempat Anda menabung. Setelah itu kartu kredit berumur lebih dari satu tahun, Anda bisa mengajukan kartu kredit kedua bila memang dibutuhkan di bank yang sama atau pun lainnya.

4. Pengajuan online

Cara lain yang paling mudah untuk mengajukan kartu kredit, ialah dengan cara online. Di dunia digital saat ini, pengajuan kredit secara online bukan hanya memudahkan untuk Anda. Namun juga bagi pihak bank. Sehingga jangan ragu untuk mengajukan kartu kredit secara online di bank tujuan. Lebih mudah lagi kalau Anda langsung coba apply via CekAja.com. Lebih banyak pilihan kartu kredit yang bisa Anda apply.

Sudah siap untuk mencoba kembali mendapatkan kartu kredit yang diinginkan?

You Might Also Like

0 komentar: